Rabu, 16 November 2011

UTS IT WDP


PEMBAHASAN SOAL:

  1. Apa definisi DATA, INFORMASI dan SISTEM INFORMASI?
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Data bisa merupakan bahan untuk diskusi, pengambilan keputusan, perhitungan, atau pengukuran.
Informasi adalah hasil dari pengolahan data, tetapi tidak semua hasil pengolahan data tersebut bisa menjadi informasi.
Sistem informasi adalah sebagai kumpulan dari beberapa bagian apapun baik phisik dan nonphisik yang saling berhubungansatu sama lain dan bekerjasama satu sama lain secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna.

  1. Deskripsikan data-data dan informasi apa yang diperlukan untuk merancang sistem informasi di perusahaan yang bergerak dibidang usaha traveling!
Data :              data pegawai , daftar gaji , data kendaraan , penyewaan tempat, data laba
rugi, data penumpang , data waktu perjalanan.
Informasi : jasa

  1. Sebutkan dan berikan penjelasan ciri dari informasi yang berkualitas?
Akurat artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang dilakukan dua orang atau lebih yang berbeda dan apabila hasil pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama maka dianggap data tersebut akurat.
Tepat waktu artinya informasi itu tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan.
Relevan artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan bagian yang ada dalam organisi tersebut.
Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap.Misalnya informasi tentang penjualan tidak ada bulannya atau tidak ada data fakturnya.

  1. Tuliskan ciri dari komputer generasi ketiga!
·         Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
·         Peningkatan dari softwarenya.
·         Pemrosesan lebh cepat.
·         Kapasitas memori lebih besar.
·         Penggunaan listrik lebih hemat.
·         Bentuk fisik lebih kecil.
·         Harga semakin murah.

  1. Sebutkan penggolongan komputer berdasarkan ukurannya!
Micro Computer:
Komputer jenis ini biasa dinamakan dengan Personal Computer ( PC ). Ukuran main memory  antara 16 MB s/d 128 MB, konfigurasi operand register 8, 16 atau 32 bit
Mini Computer:
Komputer jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang relatif cukup besar dengan kecepatan proses 500 MIPS. Komputer mini biasanya bersifat multi user.
Small Computer:
Komputer jenis ini biasanya sudah multi programming, multi processing dan virtual storage serta bersifat multi user dangan jumlah user sampai dengan ratusan.



Medium Computer:
Komputer jenis ini biasanya sudah multi programming, multi processing dan virtual storage serta bersifat multi user dangan jumlah user sampai dengan ribuan dengan tempat yang berjauhan dengan satu tempat pusat komputer.
Large Computer:
Komputer jenis ini biasanya sudah multi programming, multi processing, time sharing dan virtual storage serta bersifat multi user dangan jumlah user sampai dengan ribuan dengan tempat yang berjauhan dengan satu tempat pusat komputer.
Super Computer:
Komputer jenis ini biasanya sudah multi programming, multi processing, time sharing dan virtual storage serta bersifat multi user dangan jumlah user sampai dengan ribuan dengan tempat yang berjauhan dengan satu tempat pusat komputer. Komputer ini menggunakan pararel processor sehingga dapat melakukan proses secara bersamaan sampai dengan ribuan user meskipun dalam jarak yang berjauhan.

  1. Software dapat dikelompokkan ke dalam 3 kelompok besar, sebutkan dan berikan contohnya !
a. Sistem Operasi
contoh : Windows , novel , Unix dll
b. Interpenter
 contoh : Pascal ,Oracle , Delphi , SQL dll
c. Kompiler
 contoh : setiap interpenter diatas mempunyai kompiler-kompiler sendiri

  1. Profesi apa yang anda ketahui dalam bidang informatika ?
Programming , analisis , operator , administrator


  1. Apa yang anda ketahui tentang DBMS dan 5 contoh softwarenya?
DBMS ( Database Management System)
 Contoh : Ms. Access, Oracle , Porstage SQL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar